Tutorial Mengatasi eror pada Phpmyadmin (#1698 Akses ditolak untuk user root @ localhost)

Tutorial Mengatasi eror pada Phpmyadmin (#1698 Akses ditolak untuk user root @ localhost)




A. Pengertian

      phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain)

B. Latar Belakang

 Disini saya mendapatkan masalah pada phpmyadmin saya.

C. Maksud dan Tujuan

Saya ingin mencoba memperbaiki phpmyadmin saya sendiri


D. Alat dan Bahan

 1.Laptop
 2. Koneksi Internet

E. Jangka waktu yang di butuhkan

Jangka waktu yang saya butuhkan sekitar 10 menit

F. Tahap pelaksanaan
 
Pertama-tama kita remove dulu mariadb-servernya


kemudian kita hapus


kemudian kita ketikkan  " sudo mysql -u root "




kemudian kita ketikkan  " use mysql; "


kemudian kita ketikkan  " update user set plugin='' where User='root'; "


kemudian kita ketikkan " flush privileges; "


 Selanjutnya kita keluar dari mysql dengan perintah  " exit; "



Selanjutnya kita cek phpmyadmin kita,,kita masukkan username dan passwornya,,SELESAI



G. Hasil dan Kesimpulan

Dengan datangnya masalah saya malah mendapatkan ilmu ,,dan saya juga bisa memperbaikinya.

H. Referensi

http://superuser.com/questions/957708/mysql-mariadb-error-1698-28000-access-denied-for-user-rootlocalhost
https://id.wikipedia.org/wiki/PhpMyAdmin
Previous
Next Post »